14 Universitas yang Memiliki Jurusan Perfilman Terbaik

14 Universitas yang Memiliki Jurusan Perfilman Terbaik

14 Universitas yang Memiliki Jurusan Perflman Terbaik – Bagi kamu yang berminat untuk masuk ke universitas jurusan perfilman di Indonesia, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai kampus terbaik, yang bisa menjadi referensi. Ketika memilih universitas atau kampus, tentunya kita menginginkan spaceman slot tempat yang mampu memberikan pelajaran terbaik berdasarkan jurusan yang sudah kita tentukan sebelumnya. Salah satu jurusan cukup banyak diminati adalah perfilman, dimana kamu bisa belajar banyak hal mengenai dunia film, baik di depan layar maupun belakang layar. Cukup banyak universitas jurusan perfilman di Indonesia, yang memiliki predikat terbaik. Dan jika kamu memang menyukai dunia film sejak dulu, tidak ada salahnya memilih jurusan tersebut. Biasanya kita memilih jurusan, berdasarkan keinginan atau minat yang dimiliki. Namun jika kamu memiliki bakat terpendam dalam dunia film, maka asah kemampuanmu pada universitas berikut.

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas jurusan perfilman di Indonesia lainnya adalah UPI, terletak pada daerah Sukasari, Bandung dan sudah berdiri sejak tahun 1954 dan menjadi salah satu kampus legendaris. Kampus ini memiliki program studi Film dan Televisi, disini kamu berkesempatan untuk mengulik lebih dalam mengenai bidang ini, juga pastinya akan menarik untuk dipelajari. Tidak hanya menyediakan program studi mengenai perfilman, UPI juga memiliki program studi lainnya yang menarik, seperti Musik, Desain Komunikasi Visual, Seni Tari dan Seni Rupa. UPI layak untuk masuk ke dalam list universitas pilihanmu, kampus ini mendapat penghargaan dalam Anugerah Diktiristek 2021 pada 13 Januari 2022 lalu.

Institut Kesenian Makasar

Kota Makasar juga memiliki universitas jurusan perfilman di Indonesia, salah satunya adalah Institut Kesenian Makasar yang slot qris terletak pada Jalan Inspeksi Kanal, Makasar, Sulawesi Selatan. Tidak hanya menyediakan mengajarkan kamu mengenai ilmu dan analisis dalam bidang kreatif, namun juga mengarahkan mahasiswanya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Jika kamu ingin belajar mengenai perfilman, maka pilihlah fakultas Seni Media Rekam dengan program studi Televisi dan Film, yang pastinya akan membantu kamu mendalami ilmu perfilman. Selain itu Institut Kesenian Makasar juga memiliki fakultas lain yang berkaitan dengan kesenian, seperti Seni Pertunjukan serta Desain dan Seni Rupa.

Institut Seni Indonesia Denpasar

Universitas jurusan perfilman di Indonesia lainnya yaitu Institut Seni Indonesia Denpasar, yang terletak di Jalan Nusa Indah, Sumerta. Institut ini memiliki 2 fakultas dan 12 program studi. Jika kamu ingin mempelajari bidang perfilman, maka pilihlah fakultas Media Rekam dengan program studi Produksi Film dan Televisi dengan akreditasi A. Program studi Film dan Televisi pada institut ini bergelar D4 setara S1, serta menjadi salah satu kampus dengan reputasi yang cukup baik di kota Denpasar, Bali. Institut Seni Indonesia Denpasar sudah berdiri sejak tahun 2003, serta tidak hanya menyediakan program studi bidang kesenian, namun juga bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan lainnya.

Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung

Universitas jurusan perfilman di Indonesia berikutnya terletak pada kota Bandung, tepatnya Jalan Buah Batu. Institut seni Bandung ini, memang khusus memberi ilmu kesenian. Terdapat tiga fakultas, yaitu Seni Pertunjukan, Seni Rupa dan Desain, Budaya dan Media, serta terdapat Program Studi Televisi dan Film didalamnya. Sejak 1968, kampus ini sudah melahirkan banyak mahasiswa sukses yang saat ini juga sudah sering terlihat di televisi, seperti Sule, Rina Nose, Irfan Hakim serta masih banyak lagi. Reputasi yang dimiliki oleh ISBI cukup bagus, pernah mendapat penghargaan Peringkat Ke-6 Satuan Kerja dengan Indeks Kerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Tahun Anggaran 2018.

International Design School

Jakarta juga memiliki universitas jurusan perfilman di Indonesia, yaitu terletak pada daerah Jakarta Selatan bernama International Design School, dan bisa menjadi pilihan kampus untukmu. IDS memiliki Program Studi Film, Animasi dan Design, yang akan menjadi tempat menarik bagi kamu untuk mempelajari berbagai hal mengenai dunia film maupun mengenal ilmu desain. Berbeda dengan kampus lainnya, disini kamu bisa belajar hanya selama satu tahun. Sudah banyak sineas hebat, yang merupakan lulusan dari IDS, salah satunya adalah Ginanti Roma. Tidak hanya fokus dalam membuat sebuah film, nantinya mahasiswa akan diajarkan untuk menjadi seorang sutradara atau produser, bahkan bagaimana cara pendanaan dan launching.

Universitas Esa Unggul

Universitas jurusan perfilman di Indonesia selanjutnya adalah Esa Unggul, memiliki lebih dari 11 ribu mahasiswa serta menyediakan 10 program studi serta program pascasarjana.  Jika kamu berminat untuk mengetahui lebih banyak mengenai dunia film, maka kamu bisa memilih program studi Film dan Televisi pada fakultas Komunikasi. Kamus yang berdiri sejak tahun 1986 ini, sudah menghasilkan banyak mahasiswa berprestasi serta berkompeten pada bidangnya. Setelah memberikan informasi mengenai universitas jurusan perfilman di Indonesia, sudahkah kamu menentukan mana pilihan kampus terbaik untukmu.

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas jurusan perfilman di Indonesia selanjutnya adalah Multimedia Nusantara, kampus ini tidak hanya menyediakan jurusan manajemen, akuntansi dan sebagainya, namun juga seni. Salah satunya adalah program studi Film dan Animasi, dimana kamu bisa mempelajari bagaimana menghasilkan sebuah karya pada bidang audio visual. Selain itu mahasiswa juga akan mendapat pembelajaran, mengenai pembuatan film pendek, film series, iklan televisi, documenter, web series, hingga praktisi industri perfilman. Universitas Multimedia Nusantara sudah berdiri sejak tahun 2005, lokasinya berada di daerah Tangerang, Banten dan memiliki reputasi yang cukup baik sebagai kampus terbaik.

Universitas Dian Nuswantoro

Universitas jurusan perfilman di Indonesia terbaik lainnya adalah Dian Nuswantoro, sudah berdiri sejak tahun 1990 dan terletak sekitar daerah Semarang, Jawa Tengah. Selain memberi pembelajaran pada bidang akuntansi, manajemen, sistem informasi dan lainnya, Universitas Dian Nuswantoro juga memiliki banyak program studi pada bidang kesenian. Jika ingin menekuni bidang perfilman, maka kamu bisa memilih program studi Film dan Televisi. Memiliki akreditasi B dengan jenjang D4, dengan berbagai materi menarik untuk dipelajari. Beberapa kompetensi program studinya adalah Produser Film dan Televisi, Digital Fotografi, Pengkaji Film Televisi hingga Pengarah Program Film Televisi.

Institut Seni Indonesia Denpasar

Universitas jurusan perfilman di Indonesia lainnya yaitu Institut Seni Indonesia Denpasar, yang terletak di Jalan Nusa Indah, Sumerta. Institut ini memiliki 2 fakultas dan 12 program studi. Jika kamu ingin mempelajari bidang perfilman, maka pilihlah fakultas Media Rekam dengan program studi Produksi Film dan Televisi dengan akreditasi A. Program studi Film dan Televisi pada institut ini bergelar D4 setara S1, serta menjadi salah satu kampus dengan reputasi yang cukup baik di kota Denpasar, Bali. Institut Seni Indonesia Denpasar sudah berdiri sejak tahun 2003, serta tidak hanya menyediakan program studi bidang kesenian, namun juga bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan lainnya.

Institut Seni Indonesia Surakarta

Surakarta juga memiliki institut kesenian, yang berada di Jalan Ki Hajar Dewantara, Jebres. Terbagi menjadi dua fakultas, yaitu Seni Pertunjukan, serta Seni Rupa dan Desain. Jika kamu berminat untuk masuk jurusan perfilman, maka pilih fakultas Seni Rupa dan Desain karena terdapat program studi Film dan Televisi. ISI Surakarta telah berdiri sejak tahun 1964, institut ini terbagi lagi menjadi dua kampus, yaitu Kentingan juga Mojosongo yang berada di dua daerah berbeda. Pada program studi Film dan Televisi, nantinya kamu bisa mempelajari berbagai hal menarik, seperti editor film, operator kamera, sound designer, hingga production designer.

SAE Institute Indonesia

Terletak di daerah Jakarta Selatan, universitas jurusan perfilman di Indonesia bernama SAE ini sudah cukup banyak menghasilkan mahasiswa berprestasi setiap tahunnya. Institut ini berfokus pada bidang kesenian, beberapa fakultas yang dimilikinya antara lain Audio, Animasi, Film dan Bisnis Musik. Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan Film, maka mahasiswa akan diajarkan beberapa mata kuliah menarik, seperti Film Directing and Acting, Scriptwriting hingga Creative Branding. Kampus ini tidak hanya berada di negara Indonesia, melainkan mereka memiliki 50 kampus yang tersebar di 27 negara, dan patut dianggap sebagai lembaga pendidikan terbaik Indonesia.

 Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Rekomendasi universitas jurusan perfilman di Indonesia lainnya berasal dari Yogyakarta, bagi kamu bertempat tinggal pada daerah Yogyakarta, tidak perlu jauh-jauh untuk menimba ilmu. Kamu bisa menjadikan Institut Seni Indonesia Yogyakarta, untuk mendapat banyak ilmu kesenian didalamnya, serta bidang perfilman merupakan salah satunya. Mendapatkan akreditasi B, Institut Seni Indonesia Yogyakarta sudah memiliki banyak mahasiswa yang tidak hanya berasal dari kota Yogyakarta saja, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia. Jika tertarik untuk mempelajari dunia film, maka kamu bisa memilih Fakultas Seni Media Rekam dengan Program Studi Televisi, akan banyak materi bermanfaat untuk dipelajari.

Universitas Padjajaran

Universitas jurusan perfilman di Indonesia pertama adalah Padjajaran, tentu kampus ini sudah tidak asing lagi terdengar, merupakan kampus yang terletak di daerah Jatinangor, Bandung. Jurusan perfilman pada Universitas Padjajaran memiliki reputasi cukup baik, meskipun bukan universitas bergerak di bidang seni, namun kampus ini cocok untuk kamu pilih. Nantinya kamu bisa mendaftar di Fakultas Ilmu Komunikasi, dengan Program Studi Televisi dan Film. Akan banyak hal menarik bisa dipelajari, terlebih lagi jika benar-benar menyukai dunia film. Universitas Padjajaran mendapati peringkat ke-7 tingkat nasional, pada pemeringkatan QS World University Rangking 2022, yang membuktikan bahwa reputasi yang dimilikinya patut dipuji.

Institut Kesenian Jakarta

Universitas jurusan perfilman di Indonesia selanjutnya adalah IKJ, seperti kita tau bahwa institusi ini memang memiliki berbagai jurusan yang berkaitan dengan kesenian. Sudah berdiri sejak tahun 1970, hingga kini IKJ sudah memiliki 4 fakultas serta 13 program studi dan salah satunya adalah Fakultas Film dan Televisi dengan Program Studi Televisi dan Film. Institut Kesenian Jakarta cukup terkenal, dengan memiliki berbagai alumni yang dikenal sukses pada bidang kesenian, baik sebagai actor, sutradara maupun produser. Hanung Bramantyo, Desta, hingga Reza Riri merupakan sedikit dari banyak alumni yang pernah menempuh pendidikan di institut tersebut. Banyak sekali jurusan kesenian yang bisa kamu pilih, disini kamu bisa mengasah berbagai kemampuan, baik dalam bidang fotografi, musik hingga seni peran.

Tinggalkan Balasan